%X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) pengaruh implementasi teaching factory, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, serta motivasi memasuki dunia kerja terhadap individual readiness to change, (2) pengaruh implementasi teaching factory, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, serta motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK, (3) pengaruh individual readiness to change terhadap kesiapan kerja siswa SMK, dan (4) pengaruh antara implementasi teaching factory, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, serta motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK yang dimediasi oleh individual readiness to change. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 553 siswa kelas XII program keahlian teknik otomotif tahun ajaran 2023/2024 di empat SMK di Sukoharjo. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diuji menggunakan uji validitas korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha. Data dianalisis menggunakan uji analisis jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Implementasi teaching factory, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap individual readiness to change secara parsial maupun simultan. (2) Implementasi teaching factory, penguasaan TIK, serta motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa secara parsial maupun simultan. (3) Individual readiness to change berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. (4) Individual readiness to change mampu memediasi pengaruh implementasi teaching factory, penguasaan TIK, serta motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Pengaruh langsung implementasi teaching factory, penguasaan TIK, serta motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa lebih besar dari pada pengaruh tidak langsung melalui individual readiness to change sebagai variabel mediasi. Sekolah disarankan memperkuat implementasi teaching factory sebagai bagian dari kurikulum dan memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman praktis yang relevan dengan dunia kerja. Siswa perlu memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh sekolah untuk mengembangkan keterampilan praktis di teaching factory dan meningkatkan penguasaan TIK mereka. %L UNY86712 %K teaching factory, TIK, motivasi, dunia kerja, individual readiness, kesiapan kerja. %T Pengaruh Implementasi Teaching Factory, Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa di SMK. %A Titis Anggitan %A Gunadi Gunadi %I Sekolah Pascasarjana %D 2024