relation: http://eprints.uny.ac.id/86706/ title: Dampak Penerapan Kurikulum Berbasis Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Program Keahlian Teknik Otomotif Di Kabupaten Nganjuk. creator: Najmudin, Mohammad creator: Sudira, Putu subject: Pendidikan Kejuruan subject: Manufaktur subject: Teknik Otomotif description: Penelitian ini bertujuan: (1)Mendeskripsikan dampak penerapan kurikulum berbasis industri terhadap proses pembelajaran peserta didik SMK program keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Nganjuk.(2)Menganalisis dampak penerapan kurikulum berbasis industri terhadap kesiapan kerja lulusan SMK program keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Nganjuk.(3)Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan penerapan kurikulum berbasis industri dapat meningkatkan kesiapan kerja lulusan SMK program keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan secara mendalam dampak penerapan kurikulum berbasis industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, guru, instruktur industri, dan lulusan SMK program keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Penerapan Kurikulum Berbasis Industri di SMK Kabupaten Nganjuk menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi pembelajaran dengan kebutuhan industri. (2)Lulusan SMK program keahlian Teknik Otomotif yang menerapkan Kurikulum Berbasis Industri memiliki tingkat kesiapan kerja yang lebih tinggi, dibuktikan dengan tingkat penyerapan lulusan yang tinggi di industri.bahkan disalah satu sekolah mencapai 100% (3)Faktor utama yang berkontribusi terhadap peningkatan kesiapan kerja adalah desain kurikulum yang relevan dengan industri, pengembangan keterampilan teknis dan soft skill, serta peran guru dan instruktur industri dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan Kurikulum Berbasis Industri di SMK Kabupaten Nganjuk terbukti efektif dalam meningkatkan kesiapan kerja lulusan. Kurikulum ini memberikan bekal yang relevan dengan kebutuhan industri dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Peran guru dan instruktur industri, serta kerjasama erat di antara mereka, sangatlah penting dalam mencapai tujuan tersebut. date: 2024-07-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/86706/1/tesis_mohammad%20najmudin_22702254009.pdf identifier: Najmudin, Mohammad and Sudira, Putu (2024) Dampak Penerapan Kurikulum Berbasis Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Program Keahlian Teknik Otomotif Di Kabupaten Nganjuk. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.