<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Kebutuhan Kompetensi Instruktur Pelatihan Internet of Things (IoTs)."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) kebutuhan kompetensi bagi\r\ninstruktur pelatihan Internet of things (IoTs), (2) kompetensi aktual instruktur di\r\nlapangan, (3) kesenjangan kompetensi yang terjadi, dan (4) kompetensi yang\r\nmenjadi prioritas pengembangan/peningkatan.\r\nPenelitian ini menggunakan metode campuran model sequential\r\nexploratory. Subjek penelitian ini adalah instruktur pelatihan IoTs yang\r\nditentukan menggunakan teknik snowball sampling. Data kualitatif dikumpulkan\r\nmelalui studi literatur dan dianalisis menggunakan model Miles-Huberman. Data\r\nkuantitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan\r\nanalisis deskriptif serta metode Fuzzy Delphi. Data dianalisis kembali dengan\r\ndiagram Importance Performance Analysis untuk menentukan kesenjangan dan\r\nkompetensi yang menjadi prioritas pengembangan.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi yang\r\ndibutuhkan oleh instruktur pelatihan IoTs terdiri dari domain teknis bidang IoTs\r\ndengan 5 kompetensi dan 23 sub-kompetensi, domain pedagogi-andragogi dengan\r\n4 kompetensi dan 7 sub-kompetensi, domain profesionalisme dengan 3\r\nkompetensi dan 13 sub-kompetensi, domain teknologi dengan 1 kompetensi dan 2\r\nsub-kompetensi, domain personal dengan 5 kompetensi dan 13 sub-kompetensi,\r\nserta domain sosial dengan 3 kompetensi dan 4 sub-kompetensi. (2) Pada domain\r\nteknis bidang IoTs, kompetensi yang masih rendah yaitu terkait keamanan sistem\r\nIoTs. Pada domain pedagogi-andragogi kompetensi yang masih rendah yaitu\r\nterkait pemahaman karakter peserta didik. Pada domain profesionalisme\r\nkompetensi terendah yaitu terkait kemampuan metakognitif. Pada domain\r\nteknologi kompetensi terendah yaitu pemanfaatan teknologi, informasi, dan\r\nkomunikasi dalam pembelajaran. Pada domain personal kompetensi terendah\r\nyaitu terkait komunikasi. Pada domain sosial kompetensi terendah yaitu terkait\r\nadaptasi kerja. (3) Terdapat kesenjangan paling tinggi pada kompetensi\r\nimplementasi produk IoTs, manajemen produk IoTs, adaptasi kerja, prinsip\r\npelatihan berbasis kompetensi, pengetahuan dan kemampuan pengembangan\r\nkurikulum, dan pengembangan diri. (4) Prioritas pengembangan domain teknis:\r\nimplementasi konektivitas IoTs, pengelolaan sistem keamanan IoT, implementasi\r\nsistem keamanan IoTs, implementasi platform IoTs, dan pemeliharaan sistem\r\nIoTs. Prioritas domain kompetensi umum: kemampuan dalam menyesuaikan\r\npelatihan dengan kabutuhan peserta pelatihan; kemampuan dalam membangun\r\nkomunikasi dengan komunitas profesi tingkat nasional, internasional, dan\r\nkomunitas lainnya; serta kemampuan dalam menciptakan situasi pembelajaran\r\nyang aktif, interaktif, komunikatif, efektif, menyenangkan, dan efisien."^^ . "2024-07-22" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Ima Luciany"^^ . "Milansari"^^ . "Ima Luciany Milansari"^^ . . "Putu"^^ . "Sudira"^^ . "Putu Sudira"^^ . . . . . . "Analisis Kebutuhan Kompetensi Instruktur Pelatihan Internet of Things (IoTs). (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86704 \n\nAnalisis Kebutuhan Kompetensi Instruktur Pelatihan Internet of Things (IoTs).\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . . . "Media Pendidikan" . .