%D 2024 %A Darun Naim %A Pramudi Utomo %X Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) pelningkatan kelmampulan litelrasi digital siswa kelas XI Kompeltelnsi Kelahlian Telnnik Bodi Kelndaraan Ringan, (2) pelningkatan hasil belajar siswa kelas XI Kompeltelnsi Kelahlian Telknik Telnnik Bodi Kelndaraan Ringan seltellah melnelrapkan pelndelkatan Blelndeld Lelarning pada mata pelajaran Telknologi dasar otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang metodenya mencermati kegiatan belajar sekelompok siswa dengan memberikan tindakan yang sengaja dimunculkan. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI Teknik Bodi Kendaraan Ringan 2, SMKN 1 Tanjunganom. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket serta melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan literasi digital dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode blended learning hingga mencapai indikator keberhasilan dengan dua siklus penelitian. Kemampuan literasi digital belajar pada Siklus I keseluruhannya berada pada kategori sedang, dan meningkat pada Siklus II menjadi 94.29% pada kategori tinggi. (2) Hasil belajar siswapun mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang tuntas dibanding saat Siklus I (45,71%), kemudian pada Siklus II menjadi sebesar 91.43 %, yang berarti bahwa indikator keberhasilan penelitian sebesar 85% telah tercapai, Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan blended learning sesuai dengan RPP. Aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dari Siklus I sebesar 8.57 %, mencapai 91.43% siswa dengan aktivitas belajar yang tinggi pada Siklus II. Pembelajaran dilakukan dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok, kemudian memberikan penugasan untuk mencari informasi terkait dengan materi pelajaran melalui mediaLMS yang sudah disiapkan guru, dan selanjutnya siswa diminta untuk praktik sesuai dengan materi yang sudah dipelajari. Mayoritas siswa berpendapat bahwa media LMS yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran menarik (82,5%). %I Sekolah Pascasarjana %T Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital dan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif di SMKN 1 Tanjunganom, Nganjuk. %L UNY86701 %K blended learning, hasil belajar, literasi digital