%D 2024 %A Heri Franata Sitorus %A Herminarto Sofyan %I Sekolah Pascasarjana %L UNY86695 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) kemampuan technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru Estimasi Biaya Konstruksi (EBK) berdasarkan hasil tes serta kemampuan TPACK dalam menyusun RPP dan proses pembelajaran berdasarkan status sertifikasi guru dan akreditas sekolah dan (2) perbedaan kemampuan TPACK guru EBK berdasarkan hasil tes serta kemampuan TPACK dalam menyusun RPP dan proses pembelajaran berdasarkan status sertifikasi guru dan akreditas sekolah di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru EBK berdasarkan status sertifikasi serta mengajar di sekolah akreditas A dan B di SMK negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket serta melalui analisis RPP dan observasi proses pembelajaran. Validasi instrumen didasarkan pada validasi isi yang dilakukan oleh expert. Analisis data dengan analisis deskriptif dan independent t test, menggunakan program excel dan SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan guru EBK yang sudah tersertifikasi masuk kategori baik (82.5), kemampuan TPACK dalam menyusun RPP termasuk kategori baik (69.42), dan proses pembelajaran masuk kriteria cukup baik (64.30). (2) Kemampuan guru EBK belum tersertifikasi menguasai TPACK dengan baik (80.48), kemampuan TPACK dalam menyusun RPP cukup baik (65.37), dan proses pembelajaran kriteria cukup baik (62.25). (3) Kemampuan TPACK guru EBK di sekolah akreditas A masuk kategori baik (82.63), kemampuan TPACK dalam menyusun RPP kategori baik (68.64), dan proses pembelajaran kriteria cukup baik (64.14). (4) Kemampuan TPACK guru EBK di sekolah akreditas B kategori baik (78.60), kemampuan menerapkan TPACK dalam menyusun RPP kategori cukup baik (66.71), dan proses pembelajaran masuk kriteria cukup baik (64.14). (5) Tidak ada perbedaan kemampuan TPACK guru EBK yang sudah tersertifikasi dan belum tersertifikasi, namun ditemukan perbedaan kemampuan menerapkan TPACK dalam penyusunan RPP maupun proses pembelajaran. Ada perbedaan kemampuan TPACK guru EBK sekolah akreditas A dan sekolah akreditas B, namun tidak ada perbedaan kemampuan menerapkan TPACK dalam penyusunan RPP dan proses pembelajaran. %T Analisis Kemampuan TPACK Guru Estimasi Biaya Konstruksi SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta Berdasarkan Status Sertifikasi Guru dan Akreditas Sekolah. %K guru Estimasi Biaya Konstruksi, TPACK, RPP, proses pembelajaran.