%K pembelajaran, kekuatan lengan, passing bola voli %L UNY86691 %T Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction Terhadap Keterampilan Passing Bola Voli ditinjau Dari Kekuatan Lengan Peserta Didik Kelas XI SMA Budi Utama %O Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Nugroho, M.Or. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction Terhadap Keterampilan Passing Bola Voli Ditinjau dari Kekuatan Lengan Peserta Didik Kelas XI SMA Budi Utama. Metode penelitian eksperimen diberlakukan untuk menerapkan model pembelajaran Teaching Games for Understanding dan Direct Intruction sebanyak 4 kali pertemuan pada kelas XI yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengukuran pada hasil keterampilan passing bawah bola voli meninjau kekuatan lengan peserta didik. Teknik analisis Uji mengadakan pengujian terhadap normal tidaknya sebaran data yang akan menggunakan Kolmogorof Smirnov dengan bantuan SPSS 26. Hasil analisis data menunjukkan hasil analisis Uji Hipotesis pada indikator perlakuan model pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction ditinjau dari kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli diperoleh nilai signifikansi pada kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli (p<0,05). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikansi terhadap kedua model pembelajaran. Hasil tersebut menunjukan bahwa kedua model pembelajaran tidak terdapat pengaruh yang signifikan karena kedua model pembelajaran memiliki pengaruh yang sama untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dan diperoleh nilai signifikansi pada kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli 0.000 (p<0,05). Hasil dalam penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikansi pada kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli. selain itu diperoleh nilai tidak signifikansi pada kedua model pembelajaran 0.553 (p>0,05). Hasil dalam penelitian dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kedua model pembelajaran karena kedua model pembelajaran memiliki pengaruh yang sama untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli. %A aniar Dwi Prihatin Ciptadi %D 2024