%L UNY8668 %X Pasar tidak hanya membutuhkan modal finansial dan modal manusia dalam mempertahankan keberadaannya, tetapi juga modal sosial. Eksistensi sebuah pasar tradisional tidak luput dari adanya modal sosial yang tumbuh di dalam pasar tersebut. Pasar Tiban Sunday Morning merupakan salah satu pasar tradisional yang masih bertahan dalam gempuran munculnya pasar-pasar modern di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal sosial dalam Pasar Tiban Sunday Morning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pengurus Pasar Tiban Sunday Morning, pengurus paguyuban, pedagang, dan pembeli. Sumber data sekunder diperoleh dokumentasi, internet, dan laporan hasil penelitian yang terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pasar Tiban Sunday Morning terdapat modal sosial yang terdiri dari jaringan sosial, norma sosial, dan kepercayaan. Jaringan sosial yang sengaja dibentuk dari para pelaku yang ada di Pasar Tiban Sunday Morning yaitu pengelola pasar, pengurus paguyuban, pedagang, dan pembeli. Dilihat dari interaksi sosial yang terjalin, ada dua bentuk jaringan yang tercipta yaitu jaringan dengan ikatan kuat dan lemah. Norma sosial di Pasar Tiban Sunday Morning dibentuk bersama untuk mengatur perilaku individu di pasar. Proses terbentuknya norma sosial yang ada di Pasar Tiban Sunday Morning bersifat formal dan informal. Kepercayaan yang muncul dari pelaku Pasar Tiban Sunday Morning memiliki beberapa fungsi antara lain mengambil keputusan, memunculkan kerja sama, menyederhanakan pekerjaan, menjaga ketertiban, mempererat hubungan antar pelaku pasar, dan menciptakan modal sosial. Kata kunci: Modal Sosial, Pasar “Tiban Sunday Morning” %K Modal Sosial, Pasar “Tiban Sunday Morning” %A Marlina Novi %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T MODAL SOSIAL DALAM PASAR TIBAN SUNDAY MORNING DI LEMBAH UGM YOGYAKARTA