TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/8664/ N2 - Dalam meningkatkan pangsa pasar dalam industri Gerabah selayaknya memiliki strategi yang tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal industri gerabah di desa Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta serta untuk mengetahui strategi produk dan promosi untuk bersaing ke depannya. Analisis dalam penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 industri gerabah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (analisis SWOT), yaitu dengan membandingkan antara faktor eksternal dengan faktor internal dalam bentuk matriks EFAS dan matriks IFAS, kemudian disatukan dalam penempatan posisi sembilan sel pada I-E matriks. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan skor tertimbang untuk analisis internal adalah 2,85 dan skor tertimbang untuk analisis eksternal adalah 2,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh industri gerabah di desa Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta adalah Strategi pertumbuhan (growth strategy) yang didesain untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam penjualan aset, profit atau kombinasi dari ketiganya. M1 - skripsi AV - public A1 - David Tri, Mukti TI - STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DAN PROMOSI KERAJINAN GERABAH DI DESA KASONGAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ID - UNY8664 Y1 - 2012/10// ER -