<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Permainan Berbasis Psikoanalisis dalam Peningkatkan Gerak Dasar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Bawah Sekolah Dasar."^^ . "Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar masih menghadapi kendala dalam meningkatkan\r\ngerak dasar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Guru sering menggunakan model\r\npembelajaran konvensional yang monoton dan kurang memberikan tantangan, sehingga\r\nberdampak pada rendahnya motivasi belajar, keterampilan fisik, dan kemampuan berpikir kritis\r\nsiswa. Selain itu, keterampilan gerak dasar seperti melempar, menangkap, dan melompat belum\r\noptimal, serta siswa mengalami kesulitan dalam merespons tantangan pembelajaran yang\r\nmembutuhkan pengelolaan emosi dan kontrol diriTujuan penelitian ini adalah\r\nmengembangkan, menguji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas model permainan berbasis\r\npsikoanalisis untuk meningkatkan gerak dasar dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah\r\ndasar.\r\nPenelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk\r\nmengembangkan model permainan berbasis psikoanalisis. Pengembangan produk dilakukan\r\nmelalui 10 tahap. Produk yang dihasilkan berupa buku pedoman permainan yang memadukan\r\nprinsip-prinsip psikoanalisis (id, ego, superego). Instrumen penelitian ini menggunakan\r\nkuesioner uji kelayakan, kuesioner uji kepraktisan, TGMD-2, dan kuesioner kemampuan\r\nberpikir kritis dengan validitas dan reliabilitas yang standar. Subjek penelitian terdiri dari siswa\r\nkelas bawah Sekolah Dasar. Teknik analisis yang digunakan adalah rumus Aiken, persentase,\r\npaired sample t-test, dan independent sample t-test.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan berbasis psikoanalisis efektif\r\ndalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan gerak dasar siswa. Peningkatan\r\nkemampuan berpikir kritis tercermin dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 62,5 sebelum\r\nmenggunakan model ini menjadi 85,2 setelah penerapan model permainan. Kemampuan gerak\r\ndasar juga mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata kemampuan motorik anak meningkat\r\ndari 65,4 menjadi 87,1. Uji efektivitas model menunjukkan bahwa 85% siswa terlibat aktif\r\ndalam permainan, dan 90% siswa mampu mengelola emosi dengan lebih baik selama\r\npembelajaran. Kesimpulannya, model permainan berbasis psikoanalisis tidak hanya\r\nmengembangkan aspek fisik anak tetapi juga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan\r\nkontrol diri, menjadikannya alternatif inovatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani."^^ . "2025-01-14" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Dhedhy"^^ . "Yuliawan"^^ . "Dhedhy Yuliawan"^^ . . "Wawan S"^^ . "Suherman"^^ . "Wawan S Suherman"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Permainan Berbasis Psikoanalisis dalam Peningkatkan Gerak Dasar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Bawah Sekolah Dasar. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86636 \n\nPengembangan Model Permainan Berbasis Psikoanalisis dalam Peningkatkan Gerak Dasar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Bawah Sekolah Dasar.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . . . "Media Pendidikan" . .