TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/86634/ N2 - Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran komik digital berbasis SETS yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan responsibility siswa SD terhadap bencana. Penelitian ini merupakan research and development yang mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD di tiga sekolah di sekitar Kawasan rentan bencana erupsi gunung Merapi di Kabupaten Sleman DIY. Implementasi media dilaksanakan sebanyak tiga kali pembelajaran pada setiap sekolah. Tahap pertama persiapan pembelajaran dengan mengenalkan produk, tahap ke dua pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan produk dan evaluasi. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif, yang meliputi data survei analisis kebutuhan dengan angket, wawancara, dan observasi; data validitas media pembelajaran komik digital dengan skala; data keterlaksanaan media pembelajaran komik dengan lembar observasi; dan data keefektifan media pembelajaran komik digital dengan lembar observasi, angket, dan tes penguasaan konsep materi mitigasi bencana. Data dianalisis secara deskriptif dan dengan menggunakan independent sample t-test. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi spesifikasi media pembelajaran, yaitu melengkapi produk yang sudah ada dengan berfokus pada pengintegrasian mitigasi bencana secara tematik dan berkontribusi dalam mitigasi dan responsibility siswa SD. Media tersebut terdiri atas enam tahap kegiata: tahap organisasi dan orientasi, tahap pembentukan konsep, tahap aplikasi dan pementapan konsep, tahap mengadaptasikan konsep, tahap merencanakan dan membuat keputusan, dan tahap evaluasi berbasis SETS. (2) Media pembelajaran yang dihasilkan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli. Skor rata-rata validasi media adalah 87,14 (sangat valid). (3) Media pembelajaran yang dihasilkan efektif, ditandai dengan lebih dari 83,3% siswa telah mampu melakukan aktivitas mitigasi dan responsibiity selama pembelajaran, skor rata-rata pengusaaan konsep materi mitigasi bencana lebih dari 70% dan kemampuan penguasaaan konsep materi mitigasi bencana dalam kelompok yang dibelajarkan dengan media pembelajaran yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang dibelajarkan dengan media pembelajaran konvensional. (4) Media pembelajaran yang dihasilkan praktis, ditandai dengan lebih dari 96% siswa memberikan respons positif dan nilai rata-rata tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98 pada kategori tinggi. ID - UNY86634 AV - restricted M1 - disertasi KW - komik digital KW - media pembelajaran KW - mitigasi bencana KW - responsibility PB - Sekolah Pascasarjana Y1 - 2025/01/20/ TI - Pengembangan Media Komik Digital Mitigasi Bencana Berbasis Science, Environtment, Technology, and Society (SETS) untuk Meningkatkan Responsibility Siswa Sekolah Dasar. A1 - Riantika, Rasti Fajar Peni A1 - Hanum, Farida ER -