eprintid: 86631 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/66/31 datestamp: 2025-04-28 03:01:26 lastmod: 2025-04-28 03:01:26 status_changed: 2025-04-28 03:01:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Adin Ariyanti creators_name: Hanum, Farida title: Magang dalam Situated Learning: Studi Etnografi pada Kelompok Pengrajin Marmer di Kabupaten Tulungagung. ispublished: pub subjects: D3 subjects: voc_bm subjects: voc_cia divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: kelompok pengrajin marmer, magang, situated learning abstract: Magang merupakan salah satu metode pembelajaran tertua yang masih digunakan hingga saat ini. Magang tidak hanya dilakukan dalam pendidikan formal, akan tetapi juga banyak diterapkan dalam pendidikan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap aktivitas magang dalam situated learing yang dilakukan pada tiga perusahaan marmer di Kabupaten Tulungagung, (2) menginterpretasikan kelemahan aktivitas magang di tiga perusahaan marmer di Kabupaten Tulungagung, dan (3) menemukan pola magang dalam situated learning yang produktif bagi peserta magang dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi yang dilakukan pada kelompok pengrajin marmer. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan menulis catatan etnografi. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Untuk menentukan keabsahan data, peneliti membuat kerangka kerja etnografis dan menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas magang di pabrik marmer berlangsung melalui partisipasi aktif antara pemagang dengan permagang, di dalamnya terdapat tahapan modeling, mentoring, dan implementasi mulai dari pengenalan alat dan bahan, cara menggunakannya, hingga cara membentuk kerajinan marmer; (2) kelemahan aktivitas magang dipengaruhi oleh keterlambatan bahan baku serta resiko kecelakaan kerja yang kurang mendapatkan perhatian; (3) pola magang dalam situated learning yang produktif dapat dilakukan melalui partisipasi periferal yang sah antara pemagang dan permagang sehingga memunculkan tiga hal utama yaitu (a) di dalam komunitas praktik terdapat interaksi sosial, mentoring, dan kolaborasi sejawat antar pemagang; (b) pada konteks otentik, pemagang belajar secara langsung di lokasi magang; dan (c) di dalam perwujudan, terdapat hasil kinerja pemagang, efikasi diri, dan pengakuan diri pemagang. date: 2025-01-17 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Dewi, Adin Ariyanti and Hanum, Farida (2025) Magang dalam Situated Learning: Studi Etnografi pada Kelompok Pengrajin Marmer di Kabupaten Tulungagung. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86631/1/disertasi_adin%20ariyanti%20dewi_21703261070.pdf