<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Experiential Learning terintegrasi Multiliterasi Ecopedagogy berorientasi Kearifan Lokal Pulau Timor untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Life and Career Skills Siswa."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor, (2) menguji kelayakan model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor yang dikembangkan, (3) mengungkapkan kepraktisan model tersebut, dan (4) menguji keefektifan model tersebut dalam meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa.\r\nPenelitian ini merupakan research and development yang menerapkan prosedur Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Subjek uji coba lapangan utama adalah 55 siswa kelas X pada satu SMA dan subjek lapangan operasional adalah 180 siswa kelas X dari tiga SMA di Kabupaten Kupang tahun ajaran 2023/2024. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Aiken’s V untuk mengetahui kelayakan model; statistik deskriptif untuk mengetahui kepraktisan model; statistik MANOVA untuk menganalisis keefektifan model terhadap variabel terikat.\r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor yang dikembangkan memiliki sintaks yang terdiri dari orientation, feeling emotions, watching, developing hypothesis, thinking, investigation, dan presentation. Sistem pendukung terdiri dari silabus, RPP, modul, multimedia interaktif, buku model, dan assesmen. (2) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran Biologi berdasarkan expert judgement. (3) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dinyatakan praktis digunakan untuk meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa SMA. Kepraktisan model pembelajaran dilihat dari aspek keterlaksanaan model pembelajaran serta respon guru dan siswa terhadap model pembelajaran tersebut. (4) Model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dinyatakan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa SMA, dengan nilai probabilitas Wilks’ lambda (Sig,) berdasarkan perhitungan adalah 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiential learning terintegrasi multiliterasi ecopedagogy berorientasi kearifan lokal pulau Timor dalam pembelajaran biologi efektif dalam meningkatkan literasi sains dan life and career skills siswa."^^ . "2024-11-14" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Paidi"^^ . "Paidi"^^ . "Paidi Paidi"^^ . . "Nurdiyah"^^ . "Lestari"^^ . "Nurdiyah Lestari"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Experiential Learning terintegrasi Multiliterasi Ecopedagogy berorientasi Kearifan Lokal Pulau Timor untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Life and Career Skills Siswa. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86599 \n\nPengembangan Model Experiential Learning terintegrasi Multiliterasi Ecopedagogy berorientasi Kearifan Lokal Pulau Timor untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Life and Career Skills Siswa.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .