%K tes keterampilan, sepak bola, norma penilaian %L UNY86499 %T Pengembangan Tes Keterampilan Bermain Sepak Bola pada Pemain Junior Kelompok Usia 16-18 Tahun %O Promotor: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. Kopromotor: Prof. Dr. Awan Hariono, M.Or. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan tes untuk mengukur keterampilan bermain sepak bola yang baku pada pemain junior KU 16-18 tahun, (2) menetapkan kriteria validitas dan reliabilitas sebagai tes keterampilan yang baik, (3) menetapkan nilai kepraktisan sebagai tes keterampilan yang mudah, sederhana, dan aman, dan (4) menyusun norma penilaian keterampilan bermain sepak bola pada pemain junior KU 16-18 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, model pengembangan tes melalui 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan dessiminate. Subjek penilaian produk awal terdiri dari 5 akademisi dan 5 pelatih utnuk konten validity. Sampel yang digunakan adalah pemain junior KU 16-18 tahun pada klub sepak bola Akademi dan SMA KKO di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 247 pemain. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu: (1) telah mengikuti pembinaan di klub akademi minimal 6 bulan, (2) pernah mengikuti kompetisi resmi Soeratin Cup, dan (3) usia 16-18 tahun. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian produk awal oleh pakar, lembar penilaian prestasi pemain oleh pelatih, lembar penilaian kepraktisan oleh pelatih. Validitas isi dengan teknik Delphi ditentukan menggunakan perhitungan Aiken’s, reliabilitas antar rater menggunakan perhitungan Alpha Cronbach dan ICC, validitas empirik menggunakan koefisien korelasi product moment antara penilaian prestasi pemain oleh pelatih dengan skor tes keterampilan yang dikembangkan. Reliabilitas ditentukan menggunakan test re test, kepraktisan menggunakan penilaian dari pelatih atau pengguna. Norma penilaian disusun berdasarkan harga rerata dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes yang dikembangkan adalah (1) telah ditemukan konstruksi tes keterampilan bermain sepak bola pada pemain Junior KU 16-18 tahun, (2) telah ditemukan validitas empirik yang sangat tinggi 0,865, (3) telah ditemukan reliabilitas tes re tes yang tinggi 0,777, (4) telah ditemukan kepraktisan tes yang sangat baik dengan nilai keseluruhan 88,12 %, (5) telah tersusun norma penilaian untuk tes keterampilan bermain sepak bola pada pemain Junior KU 16-18 tahun. Norma penilaian memiliki 5 kategori yakni kurang sekali (> 57.76), kurang (53.53 < - ≤ 57.76), cukup (49.29 < - ≤ 53.53), baik (45.05 < - ≤ 49.29), dan baik sekali (≤ 45.05). %A Subagyo Irianto %D 2024