eprintid: 86498 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/64/98 datestamp: 2025-04-16 07:56:23 lastmod: 2025-04-16 07:56:23 status_changed: 2025-04-16 07:56:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sunaryo, Sunaryo corp_creators: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. corp_creators: Dr. Sigit Nugroho, M.Or. title: Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabor Tenis Lapangan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sleman ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: evaluasi, program pembinaan prestasi, POPDA Sleman,tenis lapangan note: Promotor: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. Kopromotor: Dr. Sigit Nugroho, M.Or. abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui evaluasi program pembinaan prestasi tenis lapangan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sleman dikaji dari aspek context, input, process dan product. Hasil evaluasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu kontribusi peneliti untuk mewujudkan program pembinaan prestasi yang optimal pada cabang olahraga tenis lapangan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sleman. Penelitian evaluasi ini dikaji dari aspek context, input, process dan product. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif di dukung dengan instrumen penelitian berupa wawancara dan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 15 orang yang terdiri dari tiga orang pengurus, dua orang pelatih dan sepuluh atlet POPDA Sleman. Teknik analisis data yang digunakan Miles and Huberman dan kategori. Hasil penelitian ini yaitu evalusai program pembinaan prestasi tenis lapangan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sleman dari keseluruhan aspek mendapatkan nilai 3,05 yang berarti “Sedang”. Hasil dari masing-masing aspek yaitu context pengurus sebesar 3,33 kategori baik, pelatih sebesar 3,45 kategori baik, siswa sebesar 3,07 masuk kategori sedang. Aspek Input pengurus sebesar 3,93 masuk kategori sangat baik, pelatih sebesar 3,80 kategori sangat baik, siswa sebesar 3,36 masuk kategori baik. Aspek process pengurus sebesar 2,86 kategori kurang, pelatih sebesar 3,00 masuk kategori kurang, siswa sebesar 3,05 masuk kategori sedang. Aspek Product pengurus sebesar 2,06 masuk kategori sangat kurang, pelatih sebesar 2,60 masuk kategori sangat kurang, siswa sebesar 2,41 masuk kategori kurang. Oleh karena itu rekomendasi dari peneliti untuk aspek context peningkatan terhadap pengembangan program pembinaan presatsi, aspek input hendaknya pelatih terus mengembangkan ilmu kepelatihannya dengan cara memenuhi syarat-syarat ideal sebagai pelatih dan mengikuti pelatihan- pelatihan, aspek process pelatih serta pengurus dapat menyusun sebuah program pembinaan jangka panjang dan aspek product perlu dilakukan kerjasama dari beberapa pihak, dalam hal ini yaitu pengurus, pelatih, siswa dan orang tua siswa, mitra untuk tetap berusaha maksimal dalam menjalankan proses latihan. date: 2024-11-14 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: disertasi citation: Sunaryo, Sunaryo (2024) Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabor Tenis Lapangan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sleman. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86498/1/fulltext_sunaryo_22608261024.pdf