TY - THES KW - afirmasi positif KW - aktivitas fisik KW - konsentrasi belajar KW - hasil belajar KW - slow learner KW - sekolah dasar PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan TI - Pengaruh Afirmasi Positif dan Aktivitas Fisik Terhadap Konsentrasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar N2 - Pendidikan merupakan fondasi penting dalam perkembangan generasi muda, namun tidak semua siswa memiliki kemampuan belajar yang sama. Siswa slow learner seringkali menghadapi tantangan dalam konsentrasi dan pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh afirmasi positif dan aktivitas fisik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa slow learner di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pendekatan nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa slow learner yang dipilih melalui Proportional Stratified Sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa afirmasi positif berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar, dengan koefisien regresi sebesar 0,384 dan nilai t hitung 11,475 (p < 0,05). Aktivitas fisik juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien regresi 0,478 dan t hitung 11,687 (p < 0,05). Selain itu, afirmasi positif berpengaruh terhadap hasil belajar dengan koefisien 0,323 (t hitung = 8,752, p < 0,05) dan aktivitas fisik berpengaruh terhadap hasil belajar dengan koefisien 0,366 (t hitung = 8,115, p < 0,05). Kombinasi kedua intervensi menunjukkan pengaruh yang lebih besar, dengan koefisien interaksi 0,005 dan t hitung 12,886 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa afirmasi positif dan aktivitas fisik dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa slow learner di sekolah dasar. A1 - Soraya, Shobirotus N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Panggung Sutapa, M.S. AV - public M1 - tesis ID - UNY86495 Y1 - 2024/12/13/ UR - http://eprints.uny.ac.id/86495/ ER -