%0 Thesis %9 S1 %A Septian, Yoga Dwi %A Prof. Dr. Ngatman, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:86487 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K evaluasi, model pembelajaran, pendidikan jasmani inklusi %T Evaluasi Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Inklusi Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus SD Pedagogia Labschool FIPP UNY %U http://eprints.uny.ac.id/86487/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari evaluasi model pembelajaran Pendidikan Jasmani berbasis inklusi pada peserta didik berkebutuhan khusus SD Pedagogia Labschool FIPP UNY. Penelitian ini menggunakan menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner atau angket tertutup yang sudah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SD Pedagogia Labschool FIPP UNY dan mengambil sampel dengan jumlah 23 peserta didik inklusi atau berkebutuhan khusus. Teknik analisis data dengan melibatkan evaluasi pembelajaran melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dengan angket kuesioner yang mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berbasis inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SD Pedagogia Labschool FIPP UNY sebesar 15 dari skor maksimal 25, dengan artian sudah lebih dari 50% pada model pembelajaran PJOK berbasis inkusi yang ditujukan sudah cukup namun pada beberapa faktor dan indikator belum terpenuhi dan perlu adanya evaluasi guna maksimalnya pembelajaran yang diterapkan. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ngatman, M.Pd.