eprintid: 86484 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/64/84 datestamp: 2025-04-15 07:35:39 lastmod: 2025-04-15 07:35:55 status_changed: 2025-04-15 07:35:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fizi, Resti Molina corp_creators: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd. corp_creators: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. title: Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik, Kerjasama, dan Kedisiplinan pada Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: model pembelajaran berbasis permainan, kemampuan motorik, kerjasama, kedisiplinan note: Promotor: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd. Kopromotor: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan konstruksi model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. (2) Mengetahui tingkat kelayakan model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 5 validator, subjek uji coba skala kecil berjumlah 2 guru PJOK, subjek uji coba skala besar berjumlah 5 guru PJOK, dan subjek uji efektivitas berjumlah 46 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil produk akhir yaitu lima jenis model pembelajaran berbasis permainan sederhana yaitu Permainan Bola Estafet, Bola Persahabatan, Nelayan Menjaring Ikan, Melempar Botol, SOS Challenge yang mudah diajarkan guru PJOK, menyenangkan jika peserta didik melakukan permainan, permainan tersebut aman bagi peserta didik, serta dapat merangsang peserta didik untuk meningkatkan kemampuan motorik, bekerjasama dengan peserta didik lain, dan kedisiplinan. Model ini berisi petunjuk bagi guru untuk diterapkan ke peserta didik, berupa aktivitas pendahuluan yaitu pemanasan, aktivitas inti yaitu terdapat lima jenis permainan yang memuat tujuan aktivitas, cara bermain, sarana dan prasarana, area permainan, standar ketertiban dan keselamatan kemudian yang terakhir berupa pendinginan. (2) Model pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan kemampuan motorik, kerjasama, dan kedisiplinan pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas layak. Berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 80,24%, ahli media sebesar 88,26%, uji coba skala kecil sebesar 85,63%, dan uji coba skala besar sebesar 80,97%. (3) Model pembelajaran berbasis permainan efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik (p-value 0.000 < 0.05), kerjasama (p-value 0.000 < 0.05), dan kedisiplinan (p-value 0.000 < 0.05) pada peserta didik Sekolah Dasar kelas atas. Model pembelajaran yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga sangat efektif digunakan oleh guru PJOK untuk proses pembelajaran. date: 2024-06-28 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: disertasi citation: Fizi, Resti Molina (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik, Kerjasama, dan Kedisiplinan pada Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86484/1/fulltext_resti%20molina%20fizi_21609261002.pdf