eprintid: 86400 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/64/00 datestamp: 2025-04-28 06:44:20 lastmod: 2025-04-28 06:44:20 status_changed: 2025-04-28 06:44:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sannishara, Syifa’a corp_creators: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. title: Evaluasi Pembelajaran Bela Diri Polri Dalam Pendidikan Siswa Selo XVI Diktukba Polri di Sekolah Polisi Negara Selopamioro Polda DIY ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: CIPP, evaluasi, Selopamioro, pembelajaran bela diri Polri note: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran Bela diri Polri dalam Pendidikan Siswa Diktukba di Sekolah Polisi Negara Selopamioro Polda DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluasi, desain penelitian menggunakan CIPP meliputi Context, input, process, product. Subjek penelitian ini yaitu Gadik bela diri di SPN Selopamioro Polda DIY berjumlah 18. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta observasi yang dilakukan langsung oleh peneliti. Analisis data menggunakan Miles & Huberman dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program pembelajaran Bela diri Polri dalam Pendidikan Siswa Diktukba di Sekolah Polisi Negara Selopamioro Polda DIY pada tahap context Gadik bela diri dalam pembelajaran yang singkat mampu menyiapkan, merumuskan, menggunakan media bahan ajar serta materi yang akan diberikan dalam kategori sangat baik dengan presentase 100%. Tahap input pembelajaran yang diberikan seusai dengan Prota, Promes dan Silabus, metode yang digunakan untuk penyampaian materi sudah diberikan sesuai kondisi pada pembelajaran tatap muka dalam kategori sangat baik dengan presentase 100%. Pada tahap process evaluasi yang dilakukan meliputi proses belajar mengajar yang dilakukan Gadik eladiri saat pembelajaran tatap muka menyesuaikan dengan kondisi siswa, RPP dan Silabus juga memperhatikan kondisi pembelajaran tatap muka dalam kategori baik dengan presentase 100%. Pada tahap Product pembelajaran dilakukan secara tatap muka dalam kategori baik dengan presentase 100%. date: 2024-12-09 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Sannishara, Syifa’a (2024) Evaluasi Pembelajaran Bela Diri Polri Dalam Pendidikan Siswa Selo XVI Diktukba Polri di Sekolah Polisi Negara Selopamioro Polda DIY. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86400/1/fulltext_syifaa%20sannishara_23060740018.pdf