%T Identifikasi Kemampuan Gerak Dasar dan Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V SD Negeri Cancangan Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman %O Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan gerak dasar dan kebugaran jasmani pada peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, pada gerak dasar menggunakan Test of gross motor development-second edition (TGMD-2) dan tes kebugaran jasmani menggunakan acuan dari TKPN (Tes Kebugaran Pelajar Nusantara) yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan dengan jumlah 18 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dengan persentase Hasil penelitian ini diketahui bahwa gerak dasar pada peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan pada lokomotor berada di kategori “Rendah” dan pada objek kontrol berada pada kategori “Tinggi”, kemudian pada kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan berada pada kategori “Tinggi”. Dari hasil identifikasi tersebut masing masing memiliki kekurangan namun lebih banyak kategori yang baik atau “Tinggi”. %D 2024 %A Ericho Billy Akhsani %K gerak dasar, identifikasi kemampuan, kebugaran jasmani %L UNY86359