%0 Thesis %9 S1 %A Akhsani, Ericho Billy %A Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:86359 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K gerak dasar, identifikasi kemampuan, kebugaran jasmani %T Identifikasi Kemampuan Gerak Dasar dan Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V SD Negeri Cancangan Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/86359/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan gerak dasar dan kebugaran jasmani pada peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, pada gerak dasar menggunakan Test of gross motor development-second edition (TGMD-2) dan tes kebugaran jasmani menggunakan acuan dari TKPN (Tes Kebugaran Pelajar Nusantara) yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan dengan jumlah 18 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskriptif dengan persentase Hasil penelitian ini diketahui bahwa gerak dasar pada peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan pada lokomotor berada di kategori “Rendah” dan pada objek kontrol berada pada kategori “Tinggi”, kemudian pada kebugaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Cancangan berada pada kategori “Tinggi”. Dari hasil identifikasi tersebut masing masing memiliki kekurangan namun lebih banyak kategori yang baik atau “Tinggi”. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.