TY - THES KW - platform merdeka mengajar KW - pembelajaran PJOK KW - kualitas pembelajaran N1 - Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M.Or. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/11/14/ TI - Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PJOK di SMK Se-Kabupaten Klaten UR - http://eprints.uny.ac.id/86337/ M1 - skripsi A1 - Yahya, Rafi ID - UNY86337 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di SMK Se-Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru PJOK SMK di Kabupaten Klaten yang berjumlah 84 orang dari 41 sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei angket dalam bentuk google form. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner yang dijabarkan menggunakan skala likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sebagian besar guru tergolong pada kategori sangat tinggi dalam variabel pemanfaatan platform merdeka mengajar dengan presentase 66,7% (56 orang), kategori tinggi sebanyak 31% (26 orang), kategori rendah sebanyak 2,4% (2 orang) dan kategori sangat rendah 0% (tidak ada), sedangkan variabel peningkatan kualitas pembelajaran PJOK tergolong kategori sangat tinggi dengan presentase 77,4% (65 orang), kategori tinggi sebanyak 22,6% (19 orang) dan kategori rendah 0% (tidak ada) dan kategori sangat rendah 0% (tidak ada). Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru tergolong pada kategori tinggi dalam pemanfaatan platform merdeka mengajar dan peningkatan kualitas pembelajaran PJOK. AV - public ER -