%0 Thesis %9 S1 %A Lusi Widhiyanti, Yanuaria %A SUGI RAHAYU, M.Pd., M.Si, %A Dra. FRANSISCA WINARNI, M.Si, %A ROSIDAH, M.Si, %B FAKULTAS ILMU SOSIAL %D 2012 %F UNY:8632 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Strategi, Pelayanan Transportasi %T STRATEGI PT KERETA API INDONESIA (KAI) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TRANSPORTASI KERETA API %U http://eprints.uny.ac.id/8632/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi PT KAI dalam meningkatkan pelayanan transportasi kereta api dengan studi kasus di Daerah Operasi VII Madiun Periode 2009-2011. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Manajer Humasda, Manajer Sarana, Manajer SDM dan Umum, Manajer Komersil. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mengintrepretasikan data berupa kata-kata secara sistematis. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi PT KAI Daerah Operasi VII Madiun mampu dilakukan dengan baik dengan didapatkan sertifikat ISO 9001 pada tahun 2011, telah melakukan analisis SWOT: (a) Strengths: adanya pangsa pasar yang besar, adanya SPM dan SOP, (b) Weakness: adanya kebijakan Pablic Service Obligasi, banyak armada yang tua dan second, (c) Opportunities: adanya kebijakan kereta barang dan pembatasan berat muat atau daya angkut, (d) threats: adanya jalan tol dan kurang merata pintu persilangan, (2) mampu melakukan peningkatan kualitas pelayanan jangka pendek dan jangka panjang, (3) pelayanan yang diberikan semakin meningkat dari tahun sebelumnya, yang menjadi tolak ukur dengan semakin berkurangnya komplain dari pengguna jasa, (4) adanya upaya yang konkrit dari pihak manajemen dalam menanggapi isu pelayanan perkeretaapian Kata kunci : Strategi, Pelayanan Transportasi