eprintid: 86317 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/63/17 datestamp: 2025-03-20 07:18:04 lastmod: 2025-03-20 07:18:04 status_changed: 2025-03-20 07:18:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurjayanta, Afri corp_creators: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. title: Korelasi Aktivitas Jasmani, Pola Makan, dan Pola Istirahat Dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: aktivitas jasmani, pola makan, pola istirahat, kebugaran jasmani note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi Aktivitas Jasmani, Pola Makan, dan Pola Istirahat dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar di SD Model Sleman Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas atas dari SD Model Sleman berjumlah 256 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 149 peserta didik diambil menggunakan teknik sampel berdasarkan rumus Tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validasi item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik. Uji validitas dan uji reliabilitas instrumen menggunakan uji statistik produc moment dengan IBM SPSS Statistic 25. Teknik analisis data dengan regresi linear sederhana dan ganda. Uji asumsi data terdiri dari uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas Jasmani memiliki korelasi signifikan dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05; (2) Pola Makan memiliki korelasi signifikan dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05; (3) Pola Istirahat memiliki korelasi signifikan dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.; (4) Hasil uji f menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai f-hitung lebih besar dari f-tabel 57.098 > 3.146, artinya Aktivitas Jasmani, Pola Makan, dan Pola Istirahat memiliki korelasi yang simultan dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas Atas Sekolah Dasar di SD Model Sleman Yogyakarta date: 2024-10-18 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis citation: Nurjayanta, Afri (2024) Korelasi Aktivitas Jasmani, Pola Makan, dan Pola Istirahat Dengan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86317/1/fulltext_afri%20nurjayanta_21611251041.pdf