eprintid: 86266 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/62/66 datestamp: 2025-04-15 08:00:57 lastmod: 2025-04-15 08:00:57 status_changed: 2025-04-15 08:00:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septianto, Irvan corp_creators: Prof. Dr. Sumaryanti, M.S. title: Pengaruh Permainan Kelompok dan Jenis Kelamin Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar dan Keterampilan Interpersonal Anak Usia 6-8 Tahun ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: permainan kelompok, keterampilan motorik kasar, keterampilan interpersonal, jenis kelamin, anak-anak note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanti, M.S. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh permainan kelompok dan jenis kelamin terhadap kemampuan motorik kasar dan keterampilan sosial anak usia 6-8 tahun di Perumahan Regency 1, Tangerang. Kemampuan motorik kasar dan keterampilan sosial adalah aspek penting dalam perkembangan anak, dan permainan kelompok diperkirakan dapat mendukung kedua keterampilan ini secara signifikan. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan analisis multivariat untuk mengevaluasi pengaruh permainan kelompok dan perbedaan jenis kelamin terhadap variabel yang diuji. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan motorik kasar dan keterampilan interpersonal pada anak-anak yang berpartisipasi dalam permainan kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa permainan kelompok tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan motorik kasar (F = 0,010, Sig. = 0,921) maupun keterampilan interpersonal (F = 2,164, Sig. = 0,152), yang menunjukkan bahwa aktivitas kelompok tidak secara signifikan meningkatkan keterampilan tersebut. Namun, analisis menunjukkan pengaruh signifikan dari jenis kelamin terhadap kedua keterampilan, dengan nilai Pillai's Trace sebesar 0,307 (F = 5,976, Sig. = 0,007). Nilai Partial Eta Squared sebesar 0,307 menunjukkan bahwa jenis kelamin menjelaskan sekitar 30,7% dari variasi, yang merupakan kontribusi besar terhadap perkembangan kemampuan motorik kasar dan keterampilan sosial. Temuan ini konsisten dengan teori perkembangan yang menyatakan bahwa faktor sosial dan lingkungan yang berhubungan dengan gender memengaruhi perkembangan anak. Anak laki-laki lebih sering terlibat dalam aktivitas yang mendukung perkembangan motorik, sementara anak perempuan cenderung terlibat dalam aktivitas kolaboratif yang mendorong keterampilan sosial. date: 2024-11-13 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis citation: Septianto, Irvan (2024) Pengaruh Permainan Kelompok dan Jenis Kelamin Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar dan Keterampilan Interpersonal Anak Usia 6-8 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86266/1/fulltext_irvan%20septianto_23060540008.pdf