%0 Thesis %9 S2 %A Ramadhan, Fakhreza %A Dr. Yudanto, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani %D 2024 %F UNY:86203 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K aktivitas fisik, bola bakar, penilaian autentik %T Pengembangan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Aktivitas Permainan Bola Bakar %U http://eprints.uny.ac.id/86203/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik materi pembelajaran aktivitas permainan bola bakar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik anak di SMP, serta mengembangkan instrumen penilaian autentik materi permainan bola bakar di SMP yang memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang baik. Penelitian ini merupakan research and development dengan Model 4-D yang meliputi empat tahapan: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen pengamatan yang dilengkapi dengan rubrik penskoran. Sampel yang peneliti kumpulkan pada penelitian ini sebanyak 66 siswa kelas IX yang ditentukan menggunakan teknik sampel penuh Populasi penelitian yaitu siswa SMP Aisyiyah Full Day Wedi dan SMP IT Al Muhsin Wedi Kab. Klaten. Data uji coba diambil dengan cara pengamatan langsung dengan menggunakan instrumen penilaian yang sudah dikembangkan untuk mencari validitas data dianalisis dengan korelasi product moment dan untuk mencari reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen pengamatan yang dilengkapi dengan rubrik penskoran, memiliki validitas empirik pada masing-masing butir: pengambilan keputusan 0,852; kerjasama 0,876; kedisiplinan 0,874; dan pelaksanaan skill 0,905. Seluruh butir menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua butir dinyatakan valid. Reliabilitas rubrik penilaian autentik permainan Bola Bakar diestimasi menggunakan koefisien alpha sebesar 0,836, dengan demikian dapat disimpulkan sudah reliabel. Nnilai koefisien Cronbach’s Alpha sebesar 0,836 yang berarti lebih besar dari 0,6; sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa instrumen penilaian autentik berbasis scientific literacy pada pembelajaran Penjas sebagai implementasi Kurikulum 2013 yang dikembangkan adalah reliabel dan dinyatakan layak untuk digunakan. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.