%0 Thesis %9 S3 %A Cakrawati, Dewi Kiani %A Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., %A Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes., %B Pendidikan Jasmani %D 2024 %F UNY:86200 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K Aktivitas Jasmani, Physical Literacy, Kemampuan Berpikir Kritis,Keterampilan Gerak Dasar %T Model Aktivitas Jasmani Berbasis Physical Literacy Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Gerak Dasar Peserta Didik Sekolah Dasar Inklusi %U http://eprints.uny.ac.id/86200/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis desain konseptual model aktivitas jasmani berbasis physical literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan gerak dasar peserta didik sekolah dasar inklusi, 2) menganalisis kelayakan model aktivitas jasmani berbasis physical literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan gerak dasar peserta didik sekolah dasar inklusi, 3) menganalisis kepraktisan model aktivitas jasmani berbasis physical literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan gerak dasar peserta didik sekolah dasar inklusi, 4) menganalisis keefektifan model aktivitas jasmani berbasis physical literacy untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan gerak dasar peserta didik sekolah dasar inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan lagkah-langkah dari Borg & Gall yang meliputi 10 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan poduk, uji coba skala kecil, revisi produk awal, uji coba skala besar, revisi prosuk operasional, uji efektivitas, revisi produk final serta diseminasi dan impelementasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD inklusi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Uji coba yang dilakukan meliputi dua tahapan yaitu uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap 50 peserta didik dan uji coba skala besar dilakukan terhadap 76 peserta didik serta pada uji efektivitas dilakukan terhadap 15 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, skala nilai, daftar ceklis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan TGMD-2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif berupa index aiken, uji pearson product moment, uji alpha cronbch, uji prasyarat normalitas dan uji homogenitas uji paired sample t test dan analisis data kualitatif berupa triangulasi data. Hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media dianalisis menggunakan Index Aiken dan di dapatkan tingkat validitas produk berada pada rentang 0,80-1,00 dan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Hasil uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dianalisis menggunakan Index Aiken dan di dapatkan tingkat validitas produk berada pada rentang 0,80-1,00 dan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Hasil uji efektivitas dihitung menggunakan paired sample t test dan di dapatkan hasil bahwa nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis dan keterampilan gerak dasar adalah 0,001 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model aktivitas jasmani berbasis physical literacy layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan gerak dasar peserta didik sekolah dasar inklusi. %Z Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.