@phdthesis{UNY86192, year = {2024}, title = {Pengaruh Latihan Passing Atas Menggunakan Sasaran Tembok dan Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Atas Pada Esktrakurikuler Bola Voli di SMA Negeri 1 Nogosari Boyolali}, author = {Akbar Dava Ferdinand}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.}, month = {November}, keywords = {latihan, passing atas, sasaran tembok, eerpasangan, bola voli}, url = {http://eprints.uny.ac.id/86192/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing atas menggunakan sasaran tembok dan berpasangan terhadap kemampuan passing atas pada ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Nogosari Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian two group pretest - post test design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola voli putri SMA Negeri 1 Nogosari Boyolali dengan jumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan passing atas. Tes ini memiliki tingkat validitas 0,733 dan reabilitas 0,758. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Terdapat pengaruh signifikan latihan passing atas menggunakan sasaran tembok terhadap kemampuan passing atas pada ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Nogosari Boyolali. Hasil uji t yang diperoleh nilai Sig. 0,001 {\ensuremath{<}} 0,05. (2) Terdapat pengaruh signifikan latihan passing atas berpasangan terhadap kemampuan passing atas pada ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Nogosari Boyolali. Hasil uji t yang diperoleh nilai Sig. 0,001 {\ensuremath{<}} 0,05. (3) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara latihan passing atas sasaran tembok dengan latihan passing atas berpasangan terhadap kemampuan passing atas pada ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Nogosari Boyolali. Hasil Uji Hipotesis ke-3 ini diperoleh nilai t sebesar 1,910 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,085 {\ensuremath{>}} 0,05.} }