@phdthesis{UNY86191, month = {November}, year = {2024}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Sosial dan Keterampilan Bermain Bola Basket}, author = {Ahmad Nur Sa?bani}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.}, keywords = {TGfU, PBL, keterampilan sosial, keterampilan bermain, bola basket}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap keterampilan sosial peserta didik, (2) pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap keterampilan bermain bola basket, (3) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan sosial peserta didik, (4) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan bermain bola basket. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA N 1 Yogyaarta yang berjumlah 72 peserta didik dari 2 kelas. Kelas XI F 3 dengan perlakuan model TGfU sedangkan kelas XI F 9 dengan model PBL. Instrumen keterampilan sosial menggunakan Instrumen Social Skills Rating System (SSRS), dan untuk instrumen keterampilan bermain bola basket menggunakan tes Game Perfomace Assesment Instrumen (GPAI). Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU) terhadap peningkatan keterampilan sosial pada peserta didik dengan nilai signifikansi 0.042 {\ensuremath{<}} 0.05 dan persentase sebesar 5.1\%. 2) ada pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU) terhadap peningkatan keterampilan bermain bola basket pada peserta didik dengan nilai signifikansi 0.000 \& 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05 dan persentase sebesar 59.9\% keterampilan, 110\% penampilan. 3) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan keterampilan sosial pada peserta didik dengan nilai signifikansi 0.012 {\ensuremath{<}} 0.05 dan persentase 5.3\%. 4) tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan keterampilan sosial pada peserta didik dengan nilai signifikansi 0.907 \& 0.298 {\ensuremath{>}} 0.05 dan persentase 0.92\% keterampilan, 13.9\% penampilan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/86191/} }