%0 Thesis %9 S1 %A Rosyadi, Muhammad Taufiq %A Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:86183 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K kemampuan, motorik, tes dan pengukuran %T ingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas IV dan V di SD Negeri Guwo Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2023/2024 %U http://eprints.uny.ac.id/86183/ %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas IV dan V di SD Negeri Guwo Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dalam bentuk tes dan pengukuran sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Guwo Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes motor abiliy dari Nurhasan (2007, p. 135) dengan reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87 yang terdiri dari empat tes yaitu: tes kelincahan dengan tes shuttle-run 4x10 meter, tes kecepatan dengan tes lari 30 meter, tes keseimbangan degan tes stork stand positional balance, tes koordinasi dengan tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok selama 30 detik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V SD Negeri Guwo Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul yang berjumlah 57 peserta didik dengan 27 peserta didik laki-laki dan 34 peserta didik perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas IV dan V di SD Negeri Guwo Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul dalam kategori “Sangat Baik” sebesar 7% dengan 4 anak, kategori “Baik” sebesar 16% dengan 9 anak, kategori “Cukup” sebesar 37% dengan 21 anak, kategori “Kurang” sebesar 37% dengan 21 anak, kategori “Sangat Kurang” sebesar 4% dengan 2 anak. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas IV dan V SD Negeri Guwo Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul berada pada dalam kategori “cukup” atau sedang dan “Kurang” atau rendah. Diharapkan hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi acuan dalam menentukan bahan ajar dan metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan peserta didik. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.