eprintid: 86181 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/61/81 datestamp: 2025-03-20 06:46:06 lastmod: 2025-03-20 06:46:06 status_changed: 2025-03-20 06:46:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wibisono, Kurniawan Ari corp_creators: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. title: Penerapan Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bola Voli Kelas VIII D Pada SMP Negeri 12 Surakarta ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: bola voli, aktivitas belajar, angket motivasi, hasil belajar note: Dosen Pembimibng: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. abstract: Belum optimalnya aktifitas belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, khususnya pembelajaran bolavoli mendasari penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, motivasi dan hasil belajar melalui modifikasi bola spon plastik untuk Peserta Didik SMP Negeri 12 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 12 Surakarta berjumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian, yaitu: pedoman observasi lembar observasi aktivitas belajar, angket motivasi, lembar observasi penilaian proses dan hasil bola voli. Indikator keberhasilan, yaitu aktivitas belajar dan hasil belajar minimal sebanyak 85% dari total peserta didik tuntas (KKM 75). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui modifikasi bola spon plastik pada aktivitas belajar dan hasil belajar bola voli. Hal ini ditunjukkan dari data aktivitas belajar menunjukan peningkatan pada siklus dua dengan data awal terdapat 14 peserta didik dinyatakan tuntas, 18 peserta didik dinyatakan belum tuntas dengan demikian pada siklus II dengan penggunakaan modifikasi bola spon plastik terdapat peningkatan pada siklus ini yaitu 30 peserta didik dinyatakan tuntas 2 peserta didik dinyatakan belum tuntas dengan demikian pembelajaran dapat diambil kesimpulan dan masuk dalam katagori berhasil dalam penelitian. Pembelajaran untuk peserta didik yang belum tuntas akan dilaksanakan pembelajaramn diluar jam pelajaran dengan ijin guru penjasorkes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan klasikal telah terpenuhi. date: 2024-10-16 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Wibisono, Kurniawan Ari (2024) Penerapan Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bola Voli Kelas VIII D Pada SMP Negeri 12 Surakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86181/1/fulltext_kurniawan%20ari%20wibisono_23060740031.pdf