%0 Thesis %9 S1 %A Wildan, Firman Akhyar %A Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2024 %F UNY:86178 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K pembentukan karakter, peran guru PJOK, peserta didik %T Peran Guru PJOK di SMA Negeri Kabupaten Mojokerto Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik %U http://eprints.uny.ac.id/86178/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PJOK SMA Negeri di Kabupaten Mojokerto dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu guru PJOK SMA Negeri di Kabupaten Mojokerto yang berjumlah tiga orang guru PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan memperhatikan protokol atau pedoman wawancara dan capaian pembelajaran fase E. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahapan,yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PJOK memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan karakter peserta didik, terutama sebagai evaluator. Para guru menerapkan berbagai metode dalam pembelajaran, seperti aktivitas fisik berbasis tim yang menekankan kerja sama dan disiplin. Selain itu, mereka juga berfungsi sebagai motivator dan teladan, dengan memberikan umpan balik yang konstruktif dan mendorong peserta didik untuk merefleksikan perilaku mereka. Meskipun menghadapi tantangan seperti perbedaan karakteristik individu dan keterbatasan waktu, guru PJOK tetap berkomitmen untuk mengatasi kendala tersebut dan berkontribusi pada pengembangan karakter positif peserta didik. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru PJOK dalam membentuk karakter peserta didik yang berintegritas dan bertanggung jawab. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.