%0 Thesis %9 S1 %A Wibowo, Priagung Budi %A Dr. Ranintya Meikahani, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:86162 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K kebugaran jasmani, peserta didik Kelas IV dan V SD Pedagogia UNY %T Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas Atas Tahun Ajaran 2023/2024 SD Pedagogia UNY Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/86162/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas IV dan V SD Pedagogia UNY Tahun Ajaran 2023/2024 kecamatan Mantrijeron kota Yogyakarta. Kebugaran jasmani sangat penting untuk dimiliki peserta didik. Peserta didik dengan tingkat kebugaran jasmani yang baik dapat melakukan segala aktivitas dan pembelajaran dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah 47 peserta didik yang terdiri dari 26 putra dan 21 putri. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran daridepdiknas yaitu pedoman Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (2010) kategori usia 10 – 12 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas IV dan V SD Pedagogia UNY Tahun Ajaran 2023/2024 berada pada kategori “Kurang Sekali” dengan persentase 25% (12 peserta didik), pada kategori “Kurang” dengan persentase 61% (29 peserta didik), pada kategori “Sedang” dengan persentase 12% (6 peserta didik), pada kategori “Baik” dengan persentase 0% (0 peserta didik), pada kategori “Baik Sekali” dengan persentase 0% (0 peserta didik). Frekuensi tertinggi dalam interval 10 – 13 yaitu berjumlah 29 peserta didik dengan persentase 61%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani keseluruhan peserta didik Kelas IV dan V SD Pedagogia UNY adalah kategori kurang. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Ranintya Meikahani, M.Pd.