relation: http://eprints.uny.ac.id/86160/ title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI PUREN creator: Dewi, Ines Fatmala subject: Matematika subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menggunakan model PBL, dan (2) meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi keliling bangun datar menggunakan model PBL pada siswa kelas V SD N Puren. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan MC Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Puren yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes evaluasi, wawancara, jurnal lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan yaitu nilai rata-rata kelas lebih dari 70 dan persentase ketuntasan siswa 75% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran selama menggunakan model PBL berjalan baik yang dapat disimpulkan dari lembar bservasi aktivitas guru dan siswa. Selain itu, hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 59,5 dengan persentase ketuntasan 40,74%. Lalu pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 84,57 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 83,19%. Olah karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitf siswa dalam pembelajaran matematika kelas V karena telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Kata kunci: hasil belajar kognitif, keliling bangun datar, model PBL date: 2025-03-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/86160/1/Ines%20Fatmala%20Dewi.pdf identifier: Dewi, Ines Fatmala (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI PUREN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.