@phdthesis{UNY86155, title = {PENGEMBANGAN GAME EDUCATION ?KUDOS? BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA MUATAN KEKAYAAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SEKOLAH DASAR}, month = {March}, year = {2025}, author = {Titik Noor Azizah Maghfirani Kusuma}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi KUDOS (Keragaman Budaya Indonesia) yang layak digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pengembangan produk ini dilatarbelakangi belum tersedianya media pembelajaran keragaman budaya berbasis teknologi bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R\&D) yang mengacu pada model penelitian Borg \& Gall yang dibatasi pada tujuh Langkah penelitian. Subjek uji coba lapangan awal adalah 6 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 58 siswa kelas IV SD se Gugus 3 Depok dan 5 guru kelas IV SD se Gugus 3 Depok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KUDOS (Keragaman Budaya Indonesia) layak digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi 4,8 (sangat layak). Hasil validasi ahli media tahap pertama 3,4 ( layak) dan hasil validasi tahap kedua 4,5 (sangat layak). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh rata-rata skor 4,3 (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal 3,6 (praktis). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh rata-rata 4,7 (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan utama 4,5 (sangat praktis). Kata kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi, KUDOS, Keragaman Budaya}, url = {http://eprints.uny.ac.id/86155/} }