%0 Thesis
%9 S1
%A Arasy, Amalia Ayu Annuru
%B PGSD
%D 2025
%F UNY:86147
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%T PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM SEKOLAH KELAS TAHFIDZ AL-QURAN DI SD NEGERI  KARANGSARI KOTAGEDE
%U http://eprints.uny.ac.id/86147/
%X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan    pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program sekolah kelas tahfidz Al-  Quran di SD Negeri Karangsari Kotagede yang dilihat dari aspek perencanaan,    pelaksanaan, evaluasi; (2) Menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat  dari pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program sekolah kelas  tahfidz Al-Quran di SD Negeri Karangsari Kotagede.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian kualitatif dengan  menggunakan pendekatan studi kasus karena mengungkap suatu kekhasan  khususnya program sekolah kelas tahfidz Al-Quran. Penelitian ini dilaksanakan di  SD Negeri Karangsari Kotagede. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru  pengajar tahfidz, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara,  observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model  analisis Miles dan Huberman.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada pelaksanaan terdapat aspek  perencanaan meliputi kurikulum sekolah yang memuat program kegiatan terkait  karakter religius beserta indikator yang menjadi acuannya, melewati analisis  potensi dan kebutuhan yang disesuaikan dengan indikator karakter religius,  pembentukan tim, penyusunan program, dan sosialisasi kepada pihak terlibat terkait  program kegiatan dan indikator karakter religius. Pada pelaksanaan program tahfidz  Al-Quran terdapat metode dan strategi yang digunakan, kemudian rangkaian  kegiatan meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang  masing-masing kegiatan terdapat pendidikan karakter religius. Evaluasi kegiatan  berupa penilaian tertulis yang disesuaikan dengan indikator karakter religius; (2)  Ditemukannya pada pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui program  sekolah kelas tahfidz Al-Quran yaitu faktor pendukung dan penghambat baik secara  internal maupun eksternal yang mempengaruhi jalannya kegiatan.    Kata kunci: pelaksanaan, pendidikan karakter, karakter religius, tahfidz Al-Quran