@phdthesis{UNY86140, year = {2025}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 GIRIPURWO KAPANEWON GIRIMULYO}, month = {March}, author = {Syifa Nur Azizah}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran kemampuan membaca permulaan menggunakan media big book pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Giripurwo Kapanewon Girimulyo; dan (2) meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media big book pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Giripurwo Kapanewon Girimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis \& Mc Taggart, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 2 Giripurwo yang berjumlah 17 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan membaca permulaan dan lembar observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan big book dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran kemampuan membaca permulaan; dan (2) penggunaan big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan iswa. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat dari hasil pelaksanaan tindakan yang menunjukkan bahwa siswa menjadi antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran membaca permulaan. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata membaca permulaan siswa dan persentase ketuntasan siswa pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata membaca permulaan pada siklus I yaitu 59,70 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 35,29\%, meningkat pada siklus II sebesar 69,35 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 47,06\%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 78,12 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 76,47\%. Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Big Book}, url = {http://eprints.uny.ac.id/86140/} }