<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/title> "ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101802 NAMORAMBE"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar serta faktor pendukung dan penghambat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 101802 Namorambe.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix method (metode campuran) antara kuantitatif dengan kualitatif. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 101802 Namorambe. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan angket untuk mengetahui kemandirian belajar pada pembelajaran IPAS. Kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara yang bertujuan untuk memperkuat data dari hasil observasi yang diperoleh.\r\nHasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS yang dilihat berdasarkan tiga indikator kemandirian belajar dibagi dalam tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Mengacu pada ketiga indikator tersebut maka kemandirian belajar siswa menunjukkan 4 atau 29% siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi, 8 atau 57% siswa memiliki kemandirian belajar yang sedang dan 2 atau 14% siswa memiliki kemandirian belajar yang rendah. Artinya kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang hal ini ditunjukan 57% dari 14 siswa berada pada kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa capaian indikator kemandirian belajar belum tercapai secara utuh. Terdapat faktor pendukung karakter\r\nkemandirian belajar siswa diantaranya motivasi yang membuat peserta didik menjadi lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran dengan mandiri. Fasilitas dan prasarana menjadi hal yang penting dan sangat mendukung dalam menunjang proses pembentukan kemandirian belajar siswa. Selain itu guru yang berkulitas juga menjadi penentu keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat terbentuknya kemandirian belajar siswa adalah rendahnya kepercayaan akan kemampuan dirinya sehingga segala sesuatu yang dilakukan menjadi ragu ragu. faktor penghambat lainnya disebabkan oleh rendahnya kemampuan bersosialisasi individu.\r\n\r\nKata Kunci: Kemandirian Belajar, Percaya Diri, Disiplin, Tanggung Jawab, IPAS"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/date> "2025-03-11" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675304> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c20a0c61900adca65f0c3eb1b1cea879> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c20a0c61900adca65f0c3eb1b1cea879> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c20a0c61900adca65f0c3eb1b1cea879> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c20a0c61900adca65f0c3eb1b1cea879> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Febry Mely Herlany"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c20a0c61900adca65f0c3eb1b1cea879> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Bangun"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c20a0c61900adca65f0c3eb1b1cea879> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Febry Mely Herlany Bangun"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675304> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675304> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675304> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101802 NAMORAMBE (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/86135/> . <http://eprints.uny.ac.id/86135/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #86135 \n\nANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101802 NAMORAMBE\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/86135/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/86135/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/ipa> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/ipa> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Ilmu Pengetahuan Alam" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/ipa> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .