@phdthesis{UNY8613, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, title = {PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A SMP N I KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO}, year = {2012}, month = {October}, author = {Iriani Isti Dwi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8613/}, keywords = {Keaktifan Belajar IPS, Metode Snowball Drilling, SMP N 1 Kalikajar Kabupaten Wonosobo}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII A SMP N 1 Kalikajar kabupaten Wonosobo dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode snowball drilling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kalikajar yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data ini mengunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode snowball drilling dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII A SMP N 1 Kalikajar Wonosobo. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase keaktifan belajar siswa adalah sebesar 61,5\%. Pada siklus II menjadi 86,5\% atau mengalami peningkatan sebesar 27,0\%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase keaktifan belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 70\%. Maka metode snowball drilling dinyatakan telah berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kata Kunci: Keaktifan Belajar IPS, Metode Snowball Drilling, SMP N 1 Kalikajar Kabupaten Wonosobo} }