TY - THES ID - UNY8609 M1 - skripsi TI - KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO AV - public KW - kemampuan membaca pemahaman KW - prestasi belajar IPS UR - http://eprints.uny.ac.id/8609/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se- Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2012. Populasi pada penelitian sejumlah 339 siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Kokap. Sampel penelitian sebanyak 68 siswa yang tersebar di 32 SD Negeri di Kecamatan Kokap. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan membaca pemahaman dan variabel prestasi belajar IPS dengan tes. Setelah data diperoleh, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis korelasi Product Moment antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS diperoleh r xy (0,618) > r tabel (0,306) pada taraf signifikansi 0,01 (1%). Dari hasil analisis tersebut berarti tingkat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo termasuk kategori kuat. Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, prestasi belajar IPS Y1 - 2012/06/14/ A1 - Amalina, Harjanti PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ER -