TY - UNPB AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran visual ?Spinner Patuh Aturan? yang layak dan praktis. Media ini digunakan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila pada materi aku patuh aturan kelas 1 SD Negeri Percobaan 2. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Desain, Development, Implementation, Evaliation. Tahapan pada penelitian ini hanya sampai pada tahap keempat yaitu Implementation (implementasi). Implementasi produk yang telah dikembangkan, dilakukan melalui uji coba guru, uji coba kelompok kecil berjumlah 10 siswa, dan uji coba kelompok besar berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media yang dikembangkan masuk dalam kategori ?Sangat Layak? dan ?Sangat Praktis?. Kategori ?Sangat Layak? diperoleh dari hasil validasi ahli materi yaitu 92% serta hasil akhir validasi media dipeoleh persentase sebesar 97%. Kategori ?Sangat Praktis? diperoleh dari hasil respon guru yaitu 94,6% dan hasil respon siswa 93%. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Visual, Patuh Aturan, Kelas 1 SD ID - UNY86039 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/86039/ Y1 - 2025/03/07/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - PENGEMBANGAN MEDIA SPINNER PATUH ATURAN MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN A1 - Sabrina, Ayu ER -