eprintid: 86012 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/60/12 datestamp: 2025-03-06 03:16:30 lastmod: 2025-03-06 03:16:30 status_changed: 2025-03-06 03:16:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rozan, Hanifah title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMANHAJI (PAPAN PERMAINAN HAK DAN KEWAJIBAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO KULON PROGO ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban), 2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban), 3) mengetahui kepraktisan produk media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban). Media ini dikembangkan untuk materi hak dan kewajiban bagi peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Demangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dan menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Subjek uji coba penelitian adalah 21 peserta didik dan guru kelas III SD Muhammadiyah Demangrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan skala penilaian. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, angket analisis kebutuhan awal peserta didik, skala penilaian ahli materi, skala penilaian ahli media, skala penilaian uji kepraktisan guru, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PAMANHAJI layak dan praktis untuk digunakan pada materi Hak dan Kewajiban kelas III SD Muhammadiyah Demangrejo. Kelayakan media diperoleh dari hasil validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,86 kategori “Sangat Layak” serta validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,53 kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari uji kepraktisan guru dan respon peserta didik pada saat uji coba. Hasil skor rata-rata uji kepraktisan guru tahap I adalah 4,93 kategori “Sangat Praktis” dan pada uji kepraktisan tahap II adalah 5 kategori “Sangat Praktis”. Sementara untuk hasil skor rata-rata peserta didik pada uji coba kelompok kecil adalah 4,66 kategori “Sangat Praktis” dan uji coba lapangan adalah 4,72 kategori “Sangat Praktis”. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Permainan, Hak dan Kewajiban date: 2025-03-06 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Rozan, Hanifah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMANHAJI (PAPAN PERMAINAN HAK DAN KEWAJIBAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86012/1/Tugas%20Akhir%20Skripsi%20Hanifah%20Rozan.pdf