<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMANHAJI (PAPAN PERMAINAN HAK DAN KEWAJIBAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO KULON PROGO"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran\r\nPAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban), 2) mengetahui kelayakan\r\nproduk media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan\r\nKewajiban), 3) mengetahui kepraktisan produk media pembelajaran\r\nPAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban). Media ini dikembangkan\r\nuntuk materi hak dan kewajiban bagi peserta didik kelas III di SD\r\nMuhammadiyah Demangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dan menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Subjek uji coba penelitian adalah 21 peserta didik dan guru kelas III SD\r\nMuhammadiyah Demangrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah\r\nwawancara, observasi, angket, dan skala penilaian. Instrumen penelitian ini adalah\r\npedoman wawancara, pedoman observasi, angket analisis kebutuhan awal peserta\r\ndidik, skala penilaian ahli materi, skala penilaian ahli media, skala penilaian uji\r\nkepraktisan guru, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada\r\npenelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif rerata.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa media PAMANHAJI layak dan\r\npraktis untuk digunakan pada materi Hak dan Kewajiban kelas III SD\r\nMuhammadiyah Demangrejo. Kelayakan media diperoleh dari hasil validasi ahli\r\nmateri dengan skor rata-rata 4,86 kategori “Sangat Layak” serta validasi ahli\r\nmedia dengan skor rata-rata 4,53 kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media\r\npembelajaran diperoleh dari uji kepraktisan guru dan respon peserta didik pada\r\nsaat uji coba. Hasil skor rata-rata uji kepraktisan guru tahap I adalah 4,93 kategori\r\n“Sangat Praktis” dan pada uji kepraktisan tahap II adalah 5 kategori “Sangat\r\nPraktis”. Sementara untuk hasil skor rata-rata peserta didik pada uji coba\r\nkelompok kecil adalah 4,66 kategori “Sangat Praktis” dan uji coba lapangan\r\nadalah 4,72 kategori “Sangat Praktis”. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Permainan, Hak dan Kewajiban"^^ . "2025-03-06" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Hanifah"^^ . "Rozan"^^ . "Hanifah Rozan"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMANHAJI (PAPAN PERMAINAN HAK DAN KEWAJIBAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO KULON PROGO (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86012 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMANHAJI (PAPAN PERMAINAN HAK DAN KEWAJIBAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO KULON PROGO\n\n" . "text/html" . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .