TY - THES PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan KW - kurikulum merdeka belajar KW - pembelajaran PJOK KW - pengaruh KW - sarana prasarana TI - Korelasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Sarana Prasarana Terhadap Pembelajaran Praktik PJOK di Sekolah Dasar Gugus V Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar terhadap pembelajaran praktik PJOK, pengaruh Sarana Prasarana terhadap pembelajaran praktik PJOK, pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar dan Sarana Prasarana secara bersamaan terhadap pembelajaran praktik PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan 1 variabel bebas (pembelajaran praktik PJOK) dan 2 variabel bebas (kurikulum merdeka belajar dan sarana prasarana). Subyek dari penelitian ini adalah guru PJOK di Gugus V Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo sebanyak 5 orang. Pengambilan data menggunakan survei, dengan instrument berupa lembar kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, uji t dan uji F melalui prasyarat uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap pembelajaran praktik PJOK, yaitu sebesar 0,945 dengan sumbangan efektif sebesar 44,6%. Terdapat pengaruh yangaa signifikan Sarana Prasarana terhadap pembelajaran praktik PJOK, yaitu sebesar 0,958 dengan sumbangan efektif sebesar 53,6%. Terdapat pengaruh yang signifikan Kurikulum Merdeka Belajar dan Sarana Prasarana secara bersamaan terhadap pembelajaran praktik PJOK, yaitu sebesar 0,991 dengan sumbangan efektif sebesar 98,2%. N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Alim, M.Or. A1 - Imawan, Akhsan Vandhi AV - public M1 - tesis ID - UNY86004 Y1 - 2024/09/26/ UR - http://eprints.uny.ac.id/86004/ ER -