<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar IPAS peserta didik masih\r\nrendah karena media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan\r\nuntuk 1) Meningkatkan minat belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada\r\npeserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan. 2) Mengetahui hasil peningkatan minat\r\nbelajar IPAS menggunakan media Educaplay pada peserta didik kelas VC SD\r\nNegeri Jarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action\r\nReasearch) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan\r\nKabupaten Bantul yang berjumlah 20 peserta didik, dengan 9 peserta didik laki-laki\r\ndan 11 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan\r\nMc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus\r\ntahapan yang digunakan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan Observasi dan\r\n(3) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nobservasi, wawancara, dan angket minat belajar. Instrumen berupa lembar\r\nobservasi dan lembar angket belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan\r\nadalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah 75% dari\r\nseluruh peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan telah mencapai kategori tinggi\r\nyaitu dengan presentase 75%-100%. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 1) Peningkatan minat belajar peserta didik kelas VC melalui media permainan edukatif (Educaplay) pada pembelajaran IPAS. Penggunaan media Educaplay dalam pembelajaran IPAS mampu menarik perhatian dan minat peserta didik selama pembelajaran. 2) Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase minat belajar peserta didik yang meningkat setiap siklusnya. Pada pra siklus, persentase minat belajar\r\nmemperoleh kategori tinggi sebanyak 5% atau 1 peserta didik. Pada siklus I,\r\npersentase minat belajar memperoleh kategori tinggi sebanyak 60% atau 6 peserta\r\ndidik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 90% atau 16 peserta\r\ndidik. Kata Kunci: Minat belajar, IPAS, Educaplay, Penelitian Tindakan Kelas."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/date> "2025-03-05" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675272> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c968879c4cc5473c7633af13329c8dc0> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c968879c4cc5473c7633af13329c8dc0> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c968879c4cc5473c7633af13329c8dc0> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c968879c4cc5473c7633af13329c8dc0> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Dora Natasya"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c968879c4cc5473c7633af13329c8dc0> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Napitupulu"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-c968879c4cc5473c7633af13329c8dc0> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Dora Natasya Napitupulu"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675272> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675272> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/675272> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/85964/> . <http://eprints.uny.ac.id/85964/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #85964 \n\nPENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/85964/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/85964/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Media Pendidikan" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pendidikan_ips> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pendidikan_ips> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan IPS" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pendidikan_ips> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .