relation: http://eprints.uny.ac.id/85964/
title: PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL
creator: Napitupulu, Dora Natasya
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan IPS
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar IPAS peserta didik masih  rendah karena media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan  untuk 1) Meningkatkan minat belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada  peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan. 2) Mengetahui hasil peningkatan minat  belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada peserta didik kelas VC SD  Negeri Jarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action  Reasearch) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan  Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 peserta didik, dengan 9 peserta didik laki-laki  dan 11 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan  Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus  tahapan yang digunakan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan Observasi dan  (3) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  observasi, wawancara, dan angket minat belajar. Instrumen berupa lembar  observasi dan lembar angket belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan  adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah 75% dari  seluruh peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan telah mencapai kategori tinggi  yaitu dengan presentase 75%-100%. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 1) Peningkatan minat belajar peserta didik kelas VC melalui media permainan edukatif (Educaplay) pada pembelajaran IPAS. Penggunaan media Educaplay dalam pembelajaran IPAS mampu menarik perhatian dan minat peserta didik selama pembelajaran. 2) Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase minat belajar peserta didik yang meningkat setiap siklusnya. Pada pra siklus, persentase minat belajar  memperoleh kategori tinggi sebanyak 5% atau 1 peserta didik. Pada siklus I,  persentase minat belajar memperoleh kategori tinggi sebanyak 60% atau 6 peserta  didik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 90% atau 16 peserta  didik. Kata Kunci: Minat belajar, IPAS, Educaplay, Penelitian Tindakan Kelas.
date: 2025-03-05
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/85964/1/SKRIPSI%20FIX_DORA%20NATASYA%20NAPITUPULU.pdf
identifier:   Napitupulu, Dora Natasya  (2025) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.