@phdthesis{UNY85964,
           title = {PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL},
            year = {2025},
           month = {March},
          author = {Dora Natasya Napitupulu},
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/85964/},
        abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar IPAS peserta didik masih
rendah karena media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan
untuk 1) Meningkatkan minat belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada
peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan. 2) Mengetahui hasil peningkatan minat
belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada peserta didik kelas VC SD
Negeri Jarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Reasearch) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan
Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 peserta didik, dengan 9 peserta didik laki-laki
dan 11 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan
Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus
tahapan yang digunakan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan Observasi dan
(3) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan angket minat belajar. Instrumen berupa lembar
observasi dan lembar angket belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah 75\% dari
seluruh peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan telah mencapai kategori tinggi
yaitu dengan presentase 75\%-100\%. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 1) Peningkatan minat belajar peserta didik kelas VC melalui media permainan edukatif (Educaplay) pada pembelajaran IPAS. Penggunaan media Educaplay dalam pembelajaran IPAS mampu menarik perhatian dan minat peserta didik selama pembelajaran. 2) Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase minat belajar peserta didik yang meningkat setiap siklusnya. Pada pra siklus, persentase minat belajar
memperoleh kategori tinggi sebanyak 5\% atau 1 peserta didik. Pada siklus I,
persentase minat belajar memperoleh kategori tinggi sebanyak 60\% atau 6 peserta
didik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 90\% atau 16 peserta
didik. Kata Kunci: Minat belajar, IPAS, Educaplay, Penelitian Tindakan Kelas.}
}