eprintid: 85953 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/59/53 datestamp: 2025-03-12 04:08:33 lastmod: 2025-03-12 04:08:33 status_changed: 2025-03-12 04:08:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Budiman, Ali corp_creators: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. corp_creators: Prof. Dr. Dedi Supriadi, M.Pd., AIFO title: Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terintegrasi Terhadap Fundamental Movement Skills dan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: Fundamental Movement Skills, numerasi, pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi note: Promotor: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. Kopromotor: Prof. Dr. Dedi Supriadi, M.Pd., AIFO abstract: Kemampuan Fundamenal Movement Skills dan Numerasi peserta didik yang merupakan bagian dari aspek psikomotor dan kognitif peserta didik menjadi sorotan pada masa ini, sehingga kedua kemampuan tersebut perlu untuk ditingkatkan, salah satunya melalui penerapan pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi pada Fundamental Movement Skills dan numerasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan mengggunakan desain The randomized pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas III di SD Negeri Citeureup Mandiri 2 Kota Cimahi yang berjumlah 4 kelas terdiri dari 135 peserta didik. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian sehingga terpilih kelas III-B yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelompok eksperimen I, kelas III-A yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelompok eksperimen II, dan kelas III-C yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelompok control. Program perlakuan dilaksanakan sebanyak 12 pertemuan dalam 6 minggu, perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen I berupa pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi yang diberikan oleh guru PJOK yang berpengalaman pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi sebelumnya, perlakuan pada kelas eksperimen II berupa pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi yang diberikan oleh guru PJOK yang belum berpengalaman pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi sebelumnya, sementara untuk kelompok control hanya mditerapkan progam pembelajaran pendidikan jasmani konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah TGMD-2 dan soal tes AKM Numerasi kelas III level 2. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji Tukey pada program SPSS versi 25. Hasil penelitian memaparkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi memiliki pengaruh yang signifikan pada Fundamental Movement Skills dan kemampuan numerasi peserta didik, Sehingga dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran pendidikan jasmani terintegrasi ini sangat layak untuk diterapkan untuk mengatasi permasalahan Fundamental Movement Skills dan numerasi. date: 2024-10-07 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: disertasi citation: Budiman, Ali (2024) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terintegrasi Terhadap Fundamental Movement Skills dan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/85953/1/fulltext_ali%20budiman_22609261017.pdf