TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI JARAKAN N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Jarakan. Aspek yang diteliti yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jarakan. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD Negeri Jarakan dengan narasumber kepala sekolah, pendidik dan tim pengembang kurikulum. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka sudah terlaksana mulai dari aspek perencanaan kurikulum, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta pelaksanaan P5. Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Jarakan masih terdapat beberapa kendala dan tantangan yang terjadi, sekolah juga sudah mengupayakan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kata kunci: Analisis, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar ID - UNY85944 Y1 - 2025/03/04/ A1 - Rohmawati, Suci M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/85944/ AV - restricted ER -