TY - THES A1 - Febryawan, Sigit UR - http://eprints.uny.ac.id/85933/ M1 - skripsi AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FPB KPK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi matematika yang praktis digunakan dalam pembelajaran. Materi yang dimuat pada media pembelajaran adalah pemahaman konsep FPB KPK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D. Model pengembangan 4-D (Four D) merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah guru kelas. Ujicoba dalam penelitian ini dilakukan dengan cara validasi oleh guru kelas terkait penggunaan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrumen validasi guru kelas. Hasil penelitan adalah produk video animasi yang praktis. kepraktisan produk diperoleh dari hasil penilaian guru sebagai subjek uji coba dengan nilai presentase 90% dan 84 % yang kemudian media pemberlajaran video animasi yang dikembangkan dinyatakan ?sangat praktis? untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : media pembelajaran, video animasi, pemahaman konsep FPB KPK ID - UNY85933 Y1 - 2025/03/04/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ER -