%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%D 2025
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS kelas IV SDN Bunder 1 Patuk dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran
IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari
dua siklus pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun tahapan
penelitiannya adalah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek
penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan
data menggunakan lembar observasi dan tes soal evaluasi. Teknik analisis data yang
dilakukan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Bunder 1 Patuk. Hasil penelitian tersebut pada pra siklus dengan nilai rata – rata sebesar 45,66%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 61,78%. Kemudian, pada pelaksanaan tindakan siklus II juga meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 77,99%. Selain itu, untuk hasil psikomotorik siswa meningkat dilihat dari keaktifan siswa melakukan diskusi dengan teman kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif STAD
%T PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)
%A Leza Thalysa
%L UNY85930